1.
Split
Perintah
split adalah perintah yang digunakan untuk membagi halaman kerja dan dapat
melakukan scrolling tanpa menghilangkan penglihatan pada area lainnya.
CARA MEMBUAT SPLIT :
· Buka aplikasi Microsoft Excel
· Membuat data yang akan di Split
· Setelah selesai membuat data, lalu pilih
bagian yang ingin di split
· Buka tab View pada Microsoft excel
· Pilih tombol perintah Split yang terletak pada ribbon View tepatnya pada command group Window
· Pilih tombol perintah Split yang terletak pada ribbon View tepatnya pada command group Window
· Kemudian pilih tombol split
· Setelah itu akan muncul garis split
· Silahkan geser sampai habis untuk garis split yang tegak, kemudian atur garis horizontal seperti dibawah atau sesuai keinginan,
· Silahkan geser sampai habis untuk garis split yang tegak, kemudian atur garis horizontal seperti dibawah atau sesuai keinginan,
2.
Freeze
Panes
Freeze
Panes adalah salahsatu fitur di Microsoft Excel dan program Spreadsheet yang
lainnya. Freeze Panes berfungsi untuk membekukan atau membiarkan rows atau
columns yang sudah kita set agar tetap terlihat di layar walaupun kursor
digulirkan ke baris atau kolom berikutnya. Ini sangat berfungsi jika anda
memiliki dokumen dengan jumlah baris atau kolom yang sangat banyak dengan
header yang sama. Dengan Freeze Panes header tetap terlihat di layar dan
memudahkan menavigasi dalam mengisi dokumen.
CARA MEMBUAT FREEZE PANES
· Buka aplikasi Microsoft Excel
· Membuat data yang akan di Freeze Panes
· Setelah selesai membuat data, lalu pilih
bagian yang ingin di Freeze Panes
· Buka tab View pada Microsoft excel
· Pilih tombol perintah Freeze Panes yang
terletak pada ribbon View tepatnya pada command group Window
· kemudian pilih tombol Freeze Panes
· Perhatikan tiga pilihan yang ada :
ü “Freeze
Panes” berfungsi untuk membiarkan sel pada Rows dan Columns sebelum sel yang
di-tik tetap terlihat.
ü “Freeze
top rows” berfungsi untuk membiarkan baris paling atas tetap terlihat di layar
sampai kemanapun scroll digulirkan.
ü “Freeze
first Columns” berfungsi untuk membiarkan kolom pertama tetap tampil di layar
meski scroll digulirkan kemanapun ke samping kanan.
· Pilih salah satu antara Freeze Panes. (Contohnya saya akan
menggunakan Freeze First Columns)
· Setelah itu akan muncul garis Freeze Panes
· Silahkan scroll digulirkan kemanapun ke samping kanan.
3.
PIVOT
TABLE
Pivot
Table adalah sebuah tabel interaktif yang dalam waktu singkat bisa menampilkan
ringkasan data dalam jumlah yang besar dalam bentuk dan orientasi yang berbeda
serta mampu melakukan kalkulasi pada setiap item yang dibutuhkan dengan
menggunakan cara perhitungan sesuai kebutuhan.
CARA MEMBUAT PIVOT TABLE :
· Buka aplikasi Microsoft Excel
· Membuat data yang akan di Pivot Table
· Setelah selesai membuat data, blok pada area data
· Masuk ke Tab Insert kemudian Pilih Pivot
Table
· Di bawah Pilih tempat Anda ingin meletakkan
laporan PivotTable, pilih lembar kerja baru untuk menempatkan PivotTable dalam
lembar kerja baru atau lembar kerja yang sudah ada lalu pilih lokasi yang Anda
inginkan untuk ditampilkan PivotTable.
· Pada Window Create Pivot Table Ada 2
pertanyaan, Choose the data that you want to analyse yaitu memilih data yang
akan dianalisa.(Contohnya, disini saya sudah mem blok table/range yang akan
saya Pivot Table)
ü Select
a table or range (Blok range data yang akan di buat pivot Table)
ü Use
an external data source (mengambil data dari luar file Excel)
ü Use this
workbooks Data model (untuk versi 2013 keatas)
· Choose where you want the PivotTable report
to be placed , yaitu memilih lokasi dimana hasil pengolahan Pivot Tabel akan
ditempatkan (Contohnya saya memilih di Existing Worksheet)
ü New
Worksheet (Pivot akan di buat di worksheet baru)
ü Existing
Worksheet (worksheet yang sedang aktif)
· Pilih OK
· Setelah memilih OK pada kotak dialog
sebelumnya, akan muncul Bidang Pivot Table dibawah table/range anda selain itu
pada bagian sebelah kanan akan muncul Pivot Table Fields. Bidang Pivot Table
disebelah kiri adalah tempat dimana Pivot Table akan ditampilkan, sedangkan
pivot table fields adalah pengaturan field – field data pivot table.
· Sesuaikan dengan table/range yang sudah
dibuat
Pada table/range : Akan
terisi otomatis jika format tabel sudah ideal, atau anda dapat blok tabel
manual pada range.
Dan ini hasil dari Pivot Table
Dan ini hasil dari Pivot Table
Referensi
Mantap gan, semangat bikin blog yg lebih bagus lagi...
BalasHapus